BISNIS PLAN
BUBBLE NET
BISNIS :
USAHA KECIL
MANDIRI
WARUNG
INTERNET (WARNET)
D
I
A
J
U
K
A
N
K
E
LEMBAGA KEUANGAN
RINGKASAN
PROYEK
A. Pendahuluan
1.
Latar Belakang
Kebutuhan akan informasi pada saat ini menjadi
sesuatu yang sangat penting di era globalisasi ini. Informasi itu sebagian
besar dapat diperoleh dengan internet. Bapak Khairul Mahadi mengatakan bahwa
dunia internet adalah bagaikan perpusatakaan terbesar didunia. Karena segala
macam informasi yang dibutuhkan dapat diperoleh darii perpustakaan ini. Pelajar
membutuhkan internet untuk membantu tugas-tugas sekolahnya. Wanita membutuhkan
informasi tentang fashion dan proyeksi style dari tahun ke tahun melalui
internet. Pengusaha dapat memperoleh informasi tentang bursa dan harga saham
melalui internet. Bahkan ibu rumah tangga pun untuk memperoleh informasi
tentang resep masakan mencarinya melalui internet. Bahkan pedagang-pedagang pun
memasarkan barang dagangannya melalui internet.
Selain itu, kebutuhan akan adanya warnet juga sangat
minim jika dibandingkan dengan kebutuhan informasi pada saat ini. Berdasarkan
peluang-peluang inilah saya memiliki ide untuk membuka usaha di bidang
teknologi dan informasi yaitu warnet. Warnet yang saya rintis ini bernama “Bubble Net”.
2. Ruang Lingkup
Dalam usulan
proposal ini berisikan empat aspek penting yaitu:
(1)
Aspek
Organisasi dan Manajemen, yang berkaitan dengan nama perusahaan, bidang usaha ,
nama pemilik, jumlah karyawan dan organisasi.
(2)
Aspek
Pemasaran, yang berkaitan dengan perkembangan pasar saat ini, prospek pasar dan
pemasarannya, sasaran wilayah yang dituju dan rencana penjualan & market
share yang di raih.
(3)
Aspek
Produksi berkaitan dengan proses produksi serta biaya-biaya produksi yang
timbul
(4)
Aspek
Keuangan, berkaitan dengan masalah kebutuhan dana untuk investasi dan modal
kerja, penggunaan dana, kalkulasi biaya, proyeksi pendapatan, dan jadwal
pengembalian pinjaman.
- Organisasi / Manajemen
1.
Nama Perusahaan :
BubbleNet
2.
Nama Pemilik/Pimpinan Perusahaan :
1. Silvia Hapitasari
2. Heni Rizqiyah
3.
Alamat
Usaha :
Jl. Raya Serang KM 21, Cikupa-Tangerang
4.
Bidang Usaha :
Warnet (Warung Internet)
5.
Jumlah Karyawan/Tenaga Kerja :
5 Orang
- Pemasaran
1.
Produk yang Dipasarkan
Produk yang saya tawarkan adalah berupa jasa
pelayanan dunia internet. Tentu saja kecepatan broadband sangat kami utamakan.
Untuk mencapai kecepatan broadband yang diinginkan kebanyakan pelanggan, kami
memakai jasa provider dari Telkom Speedy dengan kecepatan broadband mencapai
100 Mbps. Untuk mencapai target penjualan, kami juga menyediakan jasa game
online. Game online yang kami sediakan adalah Ayo Dance, Point Blank, RF, dan
masih banyak lagi. Tarif yang kami ajukan adalah sesuai dengan tarif yang ada
dipasaran yaitu Rp.3000,-/jam.
2.
Sasaran Konsumen/Pembeli :
Target market kami adalah diutamakan untuk
anak-anak dan pelajar. Karena jika dilihat akan kebutuhan dan hobi dalam
menjelajah dunia internet saat ini datang dari kalangan anak-anak dan pelajar.
3.
Wilayah Pemasaran :
Seperti yang telah diutarakan pada Ruang lingkup pemasaran,
maka wilayah yang ambil adalah dalam satu desa yaitu Desa Cibadak, Tangerang.
Karena berdasarkan hasil survey yang saya peroleh bahwa di desa ini banyak
sekali anak-anak sekolah dan anak-anak muda yang sangat membutuhkan dunia
informasi internet.
4.
Rencana Penjualan
Jika dalam wktu sehari kami beroperasi selama 16
jam, maka yang dalam setahun target penjualan kami dapat mencapai 5760 jam/PC.
Sehingga dengan tarif Rp.3000,-/ jam maka pendapatan maksimal yang kami peroleh
dari 6 PC dalam setahun mencapai Rp.103.680.000,-/PC. Akan tetapi dalam sehari
tersebut tidak sepenuhnya penjualan mencapai 10 jam, maka kami targetkan
penjualan minimum yang kami peroleh sehari adalah 8 jam, maka target penjualan
minimum setahun adalah 3600 jam.
1. Total Investasi :
Rp.155.095.000,-
2. Investasi Warnet (total biaya usaha) : Rp. 32.296.000,-
3.
Modal Sendiri : Rp. 10.000.000,-
4.
Pinjaman yang Diajukan : Rp. 20.000.000,-
5.
Jangka Waktu pengembalian : 4 bln
6.
Penjualan Minimal Per
tahun (96 jam)(Rp.3000,-): Rp.8.640.000 x 12bln =Rp.103.680.000,-
7.
Keuntungan Per Tahun : Rp. 5.439.000 x 12bln = Rp 65.268.000,-
8.
Return On Invesment ( ROI ) : 46%
(Laba
kotor/investasi)x100%
9.
Break Even Point ( BEP ) : Rp.34.682.322/34560 jam = 10.035,54jam
(Biaya
umum tetap/(1-biaya variabel/harga unit satuan)
Bagan
/ Sturktur Organisasi
2.2 Perizinan
Jenis Perizinan
|
Biaya ( Rp)
|
1.
Izin Prinsip (dari Instasi Teknik)
2. SITU ( Surat Izin Teampat
Usaha )
3. SIUP ( Surat Izin Usaha
Perdagangan)
4 TDP ( Tanda Daftar
Perusahaan)
5. NPWP (Nomor Pokok Pajak )
6.
6. Akte
Pendirian
|
-
-
-
-
-
-
-
|
2.3 Kegiatan Praoperasonal dan
Jadwal Pelaksanaan
Jenis Kegiatan
Praoperasional
|
Jadwal Pelaksanaan
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12
|
Biaya
Operasi
|
1. mengurus ijin
|
|
-
|
2. Menyusun rencana usaha
|
Bulan Pertama
|
-
|
6. uji coba produk
|
Bulan Kedua selama 1 Minggu
|
-
|
7. pemasaran
|
Bulan Kedua
|
Rp.500.000,-
|
2.5 Investasi Warnet
Inventaris
|
Merek
|
Jml
|
Harga
( Rp)
|
Total
|
|
TP-Link
LG
HP
Sharp Plasmacluster
D-Link
-
-
-
|
1 Buah
7 Unit
1 Unit
1 Unit
1 buah
25 Meter
7 buah
36 meter
|
Rp.
180.000,-
Rp.3.300.000,-
Rp.
900.000,-
Rp.2.500.000,-
Rp.
210.000,-
Rp.
4.000,-
Rp.
95.000,-
Rp. 40.000,-
|
Rp.
180.000,-
Rp.23.100.000,-
Rp
900.000,-
Rp.
2.500.000,-
Rp.
210.000,-
Rp. 100.000,-
Rp. 665.000,-
Rp. 1.440.000,-
|
Jumlah Biaya Total
|
Rp. 29.095.000,-
|
3. Aspek
Pemasaran
Gambaran Umum
a. Jenis Produk yang dipasarkan : warung internet
b.
Cakupan Pemasaran Meliputi : kelurahan
Permintaan
A. Jumlah Permintaan Terhadap Produk
1. Sasaran Pembeli/Jam : 5760 jam x 6 PC = 34560 jam
2. Jumlah Konsumen :
140 orang
3. Jumlah Kebutuhan : 1 jam=1 org x 140 org = 140 jam/hari
4. Total Kebutuhan Pertahun : 140 x 360 hari = 50400 jam
B.
Proyeksi Permintaan Selama 5 Tahun Mendatang
Tahun
|
Proyeksi Permintaan
( jam )
|
2000
|
50400
|
2001
|
46368
|
2002
|
42336
|
2003
|
38304
|
2004
|
34272
|
3.3 Penawaran / Pesaing
Nama Pesaing
|
Kapasitas Produksi/
Tahun
|
1. a
|
21600 jam
|
2.b
|
27000 jam
|
3. c
|
14040 jam
|
Total Penawaran
|
62640 jam
|
3.4 Rencana
Penjualan / Pangsa Pasar
Tahun
(1)
|
Permintaan
(2)
|
Penawaran
(3)
|
Peluang Pasar
(4)
(2)-(3)
|
Rencana Penjualan
(5)
|
Pangsa Pasar (6)
5/4 x 100%
|
2000
|
50400
|
15660
|
34740
|
21600
|
62%
|
2001
|
49140
|
15660
|
33480
|
21600
|
64%
|
2002
|
47880
|
15660
|
32220
|
25920
|
80%
|
2003
|
46620
|
15660
|
30960
|
25920
|
84%
|
2004
|
45360
|
15660
|
29700
|
28080
|
94%
|
3.5 Strategi
Pemasaran Perusahaan
1. Produk
Produk yang kami tawarkan berupa produk layanan
jasa yang bergerak di bidang teknologi dan informasi yaitu warung internet.
Produk yang kami tawarkan adalah berupa browsing dan game online. Kami tidak
membatasi pelanggan untuk melakukan browsing game online kecuali mengakses
situs-situs porno. Kecepatan broadband yang kami miliki yaitu dapat mengakses
dengan kecepatan 100 Mbps. Angka yang cukup cepat untuk jumlah PC sebanyak 6
buah. Games yang kami tawarkan juga merupakan game-game yang cukup banyak
peminatnya dan ter-up to date.
2.
Harga
Harga untuk melakukan browsing atau game kami
hargai Rp.3000,-/jam. Untuk saat ini kami belum bisa menawarkan paket internet
karena kebutuhan kami untuk mendapatkan break event point. Cara pembayarannya yaitu
dengan menggunakan uang tunai (bukan menggunakan kartu kredit) setelah
pelanggan selesai bermain internet. Untuk rencana bisnis ke depannya, kami akan
menyediakan transaksi pembayaran dengan menggunakan kartu kredit.
3. Jalur Pemasaran
Jalur Pemasaran yaitu dilakukan dengan jalur
pemasaran langsung. Artinya pemasaran yang kami lakukan tidak melalui internet
dan sebagainya. Hanya promosi yang kami lakukan melalui internet yaitu melalui
situs jejaring social.
4. Promosi.
Promosi yang kami lakukan adalah melakukan promosi
melalui brosur yang disebarkan ke setiap sekolah-sekolah terdekat. Selain itu
juga kami melakukan promosi lain melalui situs jejaring sosial seperti facebook
dan twitter. Cara-cara seperti ini dilakukan untuk menarik minta pelanggan agar
berkunjung ke warnet kami.
3.6 Strategi Pemasaran Perusahaan
Uraikan strategi pemasaran
yang akan dilakukan, misalnya meliputi :
1. Produk
Produk yang ditawarkan dari pesaing merupakan
produk yang sama akan tetapi mereka tidak menyediakan fasilitas pendingin udara
seperti AC (Air Contioner) dan game
online. Kecepatan broadband para pesaing rata-rata hanya mencapai 50Mbps. Angka
yang cukup tidak memuaskan konsumen pengguna warnet.
2.
Harga (syrat pembayaran, potongan, harga satuan)
Harga uyamg mereka tawarkan sama yaitu
Rp3000,-/jam. Akan tetapi dengan kecepatan broadband dan fasilitas yang minim,
adalah akan membuat para konsumen warnet tidak akan merasa nyaman untuk bermain
di warnet tersebut.
3.
Jalur penjualan
Jalur Pejualan yang mereka lakukan dilakukan
secara langsung yaitu dengan transaksi langsung seperti yang ada pada sebagian
warnet yang ada saat ini.
4.
Kapasitas
Produksi
Tahun
|
Rencana Produk
(dalam unit )
|
2000
|
34560
|
2001
|
57600
|
2002
|
86400
|
2003
|
103360
|
2004
|
115200
|
4.2 Tanah/
Bangunan
1. Milik Sendiri ( 48 m2
) Rp 72.000.000,-
4.3 Utilitas/
Sarana
Nama
|
Biaya Utilitas
|
1.Pemasangan Instalasi Listrik
|
- (sudah tersedia)
|
2.Pemasangan Instalasi Air/PAM
|
- (sudah tersedia)
|
3. Pemasangan Instalasi Telepon&Internet
|
Rp.1.500.000,-
|
4. Lain-lain
|
|
Total
|
Rp.1.500.000,-
|
4.7 Biaya Umum
Jumlah Biaya Umum
Pabrik
|
Jumlah (Rp)
|
1. Gaji Operator
|
Rp. 600.000,-
|
2. Gaji IT
|
Rp. 1.000.000,-
|
3. Listrik
|
Rp. 500.000,-
|
4. Telepon
|
Rp. 100.000,-
|
5.
Speedy
|
Rp. 700.000,-
|
Total
|
Rp. 2.900.000,-
|
BIAYA PROYEK
(dalam Rp)
|
|||||
KETERANGAN
|
MODAL SENDIRI
|
KREDIT
|
JUMLAH
|
||
INVESTASI
1. Tanah
2. Bangunan/ Toko
3.
Investaris Warnet
Total Harga Tetap
|
Rp. 72.000.000,-
Rp. 54.000.000,-
Rp. 29.095.000,-
Rp.155.095.000,-
|
-
-
-
-
|
Rp. 72.000.000,-
Rp. 54.000.000,-
Rp. 29.095.000,-
Rp.155.095.000,-
|
||
B. INVESTASI
PRA-OPERASIONAL
|
|
|
|
||
1. Rencana Usaha
2. Perizinan
3. Pelatihan
4. Uji coba produksi
5. Lain-lain
Total
Pra-Operasi
|
-
-
-
-
-
-
|
-
-
-
-
-
-
|
-
-
-
-
-
-
|
||
C.
TOTAL INVESTASI (A + B)
|
Rp.155.095.000,-
|
-
|
Rp.155.095.000,-
|
||
D. MODAL KERJA
BIAYA POKOK PRODUKSI
1. Biaya Umum Warnet
Total Biaya Produksi
BIAYA USAHA
1. Biaya Pemasaran
2. Alat Tulis Kantor
3. Kertas
4. Tinta
Printer (4 botol x Rp.25.000)
Total
Biaya Usaha
TOTAL BIAYA OPERASI/ TAHUN (12
x Rp. 3.201.000,-)
|
Rp 2.900.000,-
Rp. 2.900.000,-
Rp. 150.000,-
Rp. 26.000,-
Rp. 25.000,-
Rp. 100.000,-
Rp. 301.000,-
Rp. 38.412.000,-
|
||||
MODAL KERJA
|
|
|
Rp.
30.000.000,-
|
||
TOTAL BIAYA PROYEK(C+D)
|
|
|
Rp.198.427.000,-
|
No comments:
Post a Comment