Please Welcome.

Hello...
Welcome to my blog!!
Blog ini berupa isi curahan hati sang penulis, dan informasi-informasi yang mungkin dapat anda ambil sebagai referensi anda. tulisan ini dikemas secara sederhana dan ringan untuk anda baca.
so...
Let's read it.

Friday, January 20, 2012

Bisnis Plan BubbleNet


BISNIS PLAN


BUBBLE NET



BISNIS :

USAHA KECIL MANDIRI
WARUNG INTERNET (WARNET)



D
I

A
J
U
K
A
N

K
E

LEMBAGA KEUANGAN







RINGKASAN PROYEK

A.   Pendahuluan

1.      Latar Belakang
Kebutuhan akan informasi pada saat ini menjadi sesuatu yang sangat penting di era globalisasi ini. Informasi itu sebagian besar dapat diperoleh dengan internet. Bapak Khairul Mahadi mengatakan bahwa dunia internet adalah bagaikan perpusatakaan terbesar didunia. Karena segala macam informasi yang dibutuhkan dapat diperoleh darii perpustakaan ini. Pelajar membutuhkan internet untuk membantu tugas-tugas sekolahnya. Wanita membutuhkan informasi tentang fashion dan proyeksi style dari tahun ke tahun melalui internet. Pengusaha dapat memperoleh informasi tentang bursa dan harga saham melalui internet. Bahkan ibu rumah tangga pun untuk memperoleh informasi tentang resep masakan mencarinya melalui internet. Bahkan pedagang-pedagang pun memasarkan barang dagangannya melalui internet.
Selain itu, kebutuhan akan adanya warnet juga sangat minim jika dibandingkan dengan kebutuhan informasi pada saat ini. Berdasarkan peluang-peluang inilah saya memiliki ide untuk membuka usaha di bidang teknologi dan informasi yaitu warnet. Warnet yang saya rintis ini bernama “Bubble Net”.

2.      Ruang Lingkup
Dalam usulan proposal ini berisikan empat aspek penting yaitu:
(1)                  Aspek Organisasi dan Manajemen, yang berkaitan dengan nama perusahaan, bidang usaha , nama pemilik, jumlah karyawan dan organisasi.
(2)                  Aspek Pemasaran, yang berkaitan dengan perkembangan pasar saat ini, prospek pasar dan pemasarannya, sasaran wilayah yang dituju dan rencana penjualan & market share yang di raih.
(3)                  Aspek Produksi berkaitan dengan proses produksi serta biaya-biaya produksi yang timbul
(4)                  Aspek Keuangan, berkaitan dengan masalah kebutuhan dana untuk investasi dan modal kerja, penggunaan dana, kalkulasi biaya, proyeksi pendapatan, dan jadwal pengembalian pinjaman.


  1. Organisasi / Manajemen
1.      Nama Perusahaan                                      : BubbleNet
2.      Nama Pemilik/Pimpinan Perusahaan         :  1. Silvia Hapitasari
2. Heni Rizqiyah
3.         Alamat Usaha                                          : Jl. Raya Serang KM 21, Cikupa-Tangerang
4.      Bidang Usaha                                           : Warnet (Warung Internet)
5.      Jumlah Karyawan/Tenaga Kerja               : 5 Orang

  1. Pemasaran
1.      Produk yang Dipasarkan
Produk yang saya tawarkan adalah berupa jasa pelayanan dunia internet. Tentu saja kecepatan broadband sangat kami utamakan. Untuk mencapai kecepatan broadband yang diinginkan kebanyakan pelanggan, kami memakai jasa provider dari Telkom Speedy dengan kecepatan broadband mencapai 100 Mbps. Untuk mencapai target penjualan, kami juga menyediakan jasa game online. Game online yang kami sediakan adalah Ayo Dance, Point Blank, RF, dan masih banyak lagi. Tarif yang kami ajukan adalah sesuai dengan tarif yang ada dipasaran yaitu Rp.3000,-/jam.


2.      Sasaran Konsumen/Pembeli :
Target market kami adalah diutamakan untuk anak-anak dan pelajar. Karena jika dilihat akan kebutuhan dan hobi dalam menjelajah dunia internet saat ini datang dari kalangan anak-anak dan pelajar.
  
3.      Wilayah Pemasaran :
Seperti yang telah diutarakan pada Ruang lingkup pemasaran, maka wilayah yang ambil adalah dalam satu desa yaitu Desa Cibadak, Tangerang. Karena berdasarkan hasil survey yang saya peroleh bahwa di desa ini banyak sekali anak-anak sekolah dan anak-anak muda yang sangat membutuhkan dunia informasi internet.

4.      Rencana Penjualan
Jika dalam wktu sehari kami beroperasi selama 16 jam, maka yang dalam setahun target penjualan kami dapat mencapai 5760 jam/PC. Sehingga dengan tarif Rp.3000,-/ jam maka pendapatan maksimal yang kami peroleh dari 6 PC dalam setahun mencapai Rp.103.680.000,-/PC. Akan tetapi dalam sehari tersebut tidak sepenuhnya penjualan mencapai 10 jam, maka kami targetkan penjualan minimum yang kami peroleh sehari adalah 8 jam, maka target penjualan minimum setahun adalah 3600 jam.
                       
E.   Keuangan
            1. Total Investasi                                                         :  Rp.155.095.000,-
2. Investasi Warnet (total biaya usaha)                       :  Rp.  32.296.000,-    
3.  Modal Sendiri                                                        :  Rp.  10.000.000,-
4.  Pinjaman yang Diajukan                                        :  Rp.  20.000.000,-
5.  Jangka Waktu pengembalian                                 4 bln     
6.  Penjualan Minimal Per tahun (96 jam)(Rp.3000,-): Rp.8.640.000 x 12bln =Rp.103.680.000,-   
7.  Keuntungan Per Tahun                                          :  Rp. 5.439.000 x 12bln = Rp  65.268.000,-
8.  Return On Invesment ( ROI )                                :  46%
     (Laba kotor/investasi)x100%
9.  Break Even Point ( BEP )                                      :  Rp.34.682.322/34560 jam = 10.035,54jam
     (Biaya umum tetap/(1-biaya variabel/harga unit satuan)                 










                     
                                               Bagan / Sturktur Organisasi
 

















2.2 Perizinan

Jenis Perizinan
Biaya ( Rp)
1.         Izin Prinsip (dari Instasi Teknik)
2.    SITU ( Surat Izin Teampat Usaha )
3.    SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan)
4     TDP ( Tanda Daftar Perusahaan)
5.    NPWP (Nomor Pokok Pajak )
6.                  6.    Akte Pendirian

-
-
-
-
-
-
-

2.3  Kegiatan Praoperasonal dan Jadwal Pelaksanaan
                                
Jenis Kegiatan Praoperasional
Jadwal Pelaksanaan
 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12
Biaya
Operasi
1. mengurus ijin
 
-
2. Menyusun rencana   usaha
Bulan Pertama
-
6. uji coba produk
Bulan Kedua selama 1 Minggu
-
7. pemasaran
Bulan Kedua
Rp.500.000,-







2.5  Investasi Warnet


Inventaris
Merek
Jml
Harga
( Rp)
Total
  1. Modem
  2. Komputer
  3. Printer
  4. AC
  5. Hub
  6. Kabel LAN
  7. Meja
  8. Karpet             
TP-Link
LG
HP
Sharp Plasmacluster
D-Link
-
-
-
1 Buah
7 Unit
1 Unit
1 Unit
1 buah
25 Meter
7 buah
36 meter
Rp.   180.000,-
Rp.3.300.000,-
Rp.   900.000,-
Rp.2.500.000,-
Rp.   210.000,-
Rp.       4.000,-
Rp.     95.000,-
Rp.     40.000,-
Rp.     180.000,-
Rp.23.100.000,-
Rp      900.000,-
Rp.  2.500.000,-
Rp.     210.000,-
Rp.     100.000,-
Rp.     665.000,-
Rp.  1.440.000,-
Jumlah Biaya Total
Rp. 29.095.000,-


3.      Aspek Pemasaran
            Gambaran Umum
a.  Jenis Produk yang dipasarkan : warung internet
b. Cakupan Pemasaran Meliputi  : kelurahan

            Permintaan
A.   Jumlah Permintaan Terhadap Produk
1. Sasaran Pembeli/Jam                       : 5760 jam x 6 PC = 34560 jam
                            2. Jumlah Konsumen                       : 140 orang     
                            3. Jumlah Kebutuhan                      : 1 jam=1 org x 140 org = 140 jam/hari
 4. Total Kebutuhan Pertahun          : 140 x 360 hari = 50400 jam

B.      Proyeksi Permintaan Selama 5 Tahun Mendatang

Tahun
Proyeksi Permintaan ( jam )
2000
50400
2001
46368
2002
42336
2003
38304
2004
34272

3.3    Penawaran / Pesaing

Nama Pesaing
Kapasitas Produksi/ Tahun
1. a
21600 jam
2.b
27000 jam
3. c
14040 jam
           Total Penawaran
62640 jam

3.4  Rencana Penjualan / Pangsa Pasar

Tahun
(1)
Permintaan
(2)

Penawaran
(3)
Peluang Pasar
(4)
(2)-(3)
Rencana Penjualan
(5)
Pangsa Pasar (6)
5/4 x 100%
2000
50400
15660
34740
21600
62%
2001
49140
15660
33480
21600
64%
2002
47880
15660
32220
25920
80%
2003
46620
15660
30960
25920
84%
2004
45360
15660
29700
28080
94%





3.5  Strategi Pemasaran Perusahaan
1.      Produk
Produk yang kami tawarkan berupa produk layanan jasa yang bergerak di bidang teknologi dan informasi yaitu warung internet. Produk yang kami tawarkan adalah berupa browsing dan game online. Kami tidak membatasi pelanggan untuk melakukan browsing game online kecuali mengakses situs-situs porno. Kecepatan broadband yang kami miliki yaitu dapat mengakses dengan kecepatan 100 Mbps. Angka yang cukup cepat untuk jumlah PC sebanyak 6 buah. Games yang kami tawarkan juga merupakan game-game yang cukup banyak peminatnya dan ter-up to date.
2.      Harga
Harga untuk melakukan browsing atau game kami hargai Rp.3000,-/jam. Untuk saat ini kami belum bisa menawarkan paket internet karena kebutuhan kami untuk mendapatkan break event point. Cara pembayarannya yaitu dengan menggunakan uang tunai (bukan menggunakan kartu kredit) setelah pelanggan selesai bermain internet. Untuk rencana bisnis ke depannya, kami akan menyediakan transaksi pembayaran dengan menggunakan kartu kredit.
3.      Jalur Pemasaran
Jalur Pemasaran yaitu dilakukan dengan jalur pemasaran langsung. Artinya pemasaran yang kami lakukan tidak melalui internet dan sebagainya. Hanya promosi yang kami lakukan melalui internet yaitu melalui situs jejaring social.
4.      Promosi.
Promosi yang kami lakukan adalah melakukan promosi melalui brosur yang disebarkan ke setiap sekolah-sekolah terdekat. Selain itu juga kami melakukan promosi lain melalui situs jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Cara-cara seperti ini dilakukan untuk menarik minta pelanggan agar berkunjung ke warnet kami.





                  3.6     Strategi Pemasaran Perusahaan
                     Uraikan strategi pemasaran yang akan dilakukan, misalnya meliputi :

1.      Produk
Produk yang ditawarkan dari pesaing merupakan produk yang sama akan tetapi mereka tidak menyediakan fasilitas pendingin udara seperti AC (Air Contioner) dan game online. Kecepatan broadband para pesaing rata-rata hanya mencapai 50Mbps. Angka yang cukup tidak memuaskan konsumen pengguna warnet.
2.      Harga (syrat pembayaran, potongan, harga satuan)
Harga uyamg mereka tawarkan sama yaitu Rp3000,-/jam. Akan tetapi dengan kecepatan broadband dan fasilitas yang minim, adalah akan membuat para konsumen warnet tidak akan merasa nyaman untuk bermain di warnet tersebut.
3.      Jalur penjualan
Jalur Pejualan yang mereka lakukan dilakukan secara langsung yaitu dengan transaksi langsung seperti yang ada pada sebagian warnet yang ada saat ini.


4.        Kapasitas Produksi

Tahun
Rencana Produk (dalam unit )
2000
34560
2001
57600
2002
86400
2003
103360
2004
115200


4.2  Tanah/ Bangunan
  1. Milik Sendiri ( 48 m2 )           Rp 72.000.000,-

4.3  Utilitas/ Sarana

Nama
Biaya Utilitas
1.Pemasangan Instalasi Listrik
- (sudah tersedia)
2.Pemasangan  Instalasi Air/PAM
- (sudah tersedia)
3. Pemasangan Instalasi Telepon&Internet
Rp.1.500.000,-
4. Lain-lain

Total
Rp.1.500.000,-

                




                  4.7 Biaya Umum

Jumlah Biaya Umum Pabrik
Jumlah (Rp)
1.  Gaji Operator
Rp.    600.000,-
2. Gaji IT
Rp. 1.000.000,-
3. Listrik
Rp.    500.000,-
4. Telepon
Rp.    100.000,-
5.  Speedy
Rp.    700.000,-
Total
Rp. 2.900.000,-


BIAYA PROYEK
(dalam Rp)
KETERANGAN
MODAL SENDIRI
KREDIT
JUMLAH

INVESTASI

1. Tanah
2. Bangunan/ Toko
3. Investaris Warnet
   Total Harga Tetap

Rp.  72.000.000,-
Rp.  54.000.000,-
Rp.  29.095.000,-
Rp.155.095.000,-

-
-
-
-

Rp.  72.000.000,-
Rp.  54.000.000,-
Rp.  29.095.000,-
Rp.155.095.000,-
B. INVESTASI
     PRA-OPERASIONAL



1. Rencana Usaha
2. Perizinan
3. Pelatihan
4. Uji coba produksi
5. Lain-lain
    Total Pra-Operasi
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
C. TOTAL INVESTASI (A + B)
Rp.155.095.000,-
-
Rp.155.095.000,-
D. MODAL KERJA
     BIAYA POKOK PRODUKSI

1. Biaya Umum Warnet
     Total Biaya Produksi

     BIAYA USAHA
1. Biaya Pemasaran
2. Alat Tulis Kantor
3. Kertas
4. Tinta Printer (4 botol x Rp.25.000)
    Total Biaya Usaha

TOTAL BIAYA OPERASI/ TAHUN (12 x Rp. 3.201.000,-)




Rp  2.900.000,-
Rp. 2.900.000,-

Rp.    150.000,-
Rp.      26.000,-
Rp.      25.000,-
Rp.    100.000,-
Rp.    301.000,-

Rp.  38.412.000,-
MODAL KERJA


Rp.  30.000.000,-
TOTAL BIAYA PROYEK(C+D)


Rp.198.427.000,-

No comments:

Post a Comment