Please Welcome.

Hello...
Welcome to my blog!!
Blog ini berupa isi curahan hati sang penulis, dan informasi-informasi yang mungkin dapat anda ambil sebagai referensi anda. tulisan ini dikemas secara sederhana dan ringan untuk anda baca.
so...
Let's read it.

Monday, February 13, 2012

Tari Sekar Putri Oh Tari Sekar Putri...

Post gue kali ini, gue mau nostalgia, Kilas balik ke jaman-jamannya waktu SMP.

Dulu gue SMP di sebuah kampung banget. tapi gak banget-banget juga. Sebuah sekolah menengah pertama yang belum mengenal dunia komputer dan internet. Yaaa.... namanya juga di kampung. ya bener-bener deso banget deh. Tapi kalo teknologi seluler mah udah masuk.

Waktu di SMP gue terkenal akan keaktifan gue dibidang ekstrakurikuler. Semua ekskul, gue masukin semua. Kecuali ekskul olahraga dan PMR karena pada saat itu, gue benci banget sama yang namanya olahraga. Ada pengalaman pahit deh tentang dunia olahraga. Yang salah satunya, setiap kali gue coba berbagai jenis olahraga, gak ada yang bisa satu pun. Hahahah... Payah banget yak? Nah... yang gue ikutin itu paskibra, pramuka, sama ekskul kesenian seperti seni tari, gamelan, dan paduan suara.

Pengalaman gue di paskibra, seru banget. Disini, anak-anak paskibra gak cuma diajarin baris berbaris aja. Tapi diajarin sopan santun dalam bertamu, makan ala bule-bule, sampe ikutan cerdas cermat tingkat kabupaten. dimana salah satu peserta perwakilan dari sekolah gue itu, ya gue sendiri. Lantas gimana hasil dari cerdas cermat itu? Beuh.... masalah hasil jangan ditanya. Gue menang. Menanggung malu. hahahha.....

Lain lagi di bidang Pramuka. Gue pernah ikutan lomba Alga namanya. Alga ini perlombaan untuk seluruh anggota pramuka se-Jawa Barat. Dan kalo disini, dimana gue juga jadi peserta juga, alhamdulillah menang. Bukan.. bukan menanggung malu lagi. Kali ini menang beneran. Sekolah gue menduduki peringkat keempat se-Jawa Barat. Pulang-pulang, sebagai tradisi dari sekolah gue, kalo abis lomba erus menang suka ditampilin sebagai atraksi setelah upacara bendera hari senin. Sumpah, rasanya bangga banget. Meskipun gak dapet duit, bahkan makanan pun beli sendiri. Tapi dapat mempersembahkan sesuatu buat sekolah itu rasanya menyenangkan banget.

Untuk kesenian nih. Semua ekskul seni gue jabanin semua. Awalnya gue masu masuk ke seni lukis, eh gak taunya gak ada. Dengan besar hati gue pun gak jadi ikut (ya iyalah orang ekskulnya gak ada). Tapi ternyata disini ekskul seni itu dibagi dua. ada seni tari, ada seni musik. seni tari kebetulan yang diajarin tari sekar putri. Sementara seni musik cakupannya paduan suara sama degung. Akhirnya gue ikut Padus, Degung, sama Tari. Waktu itu pembinanya namanya Bu Epon. Nah, kebetulan juga, ternyata Bu Epon ini besannya uwak gue. Alhasil, ibunya kenal banget sama gue. Yang gue rasain sih, gue kaya dianak emaskan sama bu Epon. Hahahaha Tapi ngga juga deh kayanya. Nah, untuk Paduan Suara, gue selalu ditunjuk untuk mimpin lagu sama Bu Epon. Katanya suara gue nyampe dan pas sama nadanya dan bagus. Padahal kalo kata gue sih, apa bagusnya, suara gue cempreng begitu waktu itu. Tapi tetep aja gue dipercaya buat mimpin lagu setiap kali upacara bendera. Sampe-sampe upacara bendera waktu tujuh belasan di kecamatan juga gue dapet amanat lagi buat mimpin lagu. Sepertinya si ibu udah percaya banget sama gue. Beda lagi untuk degung. Karena di SMP gue yang bisa maen gamelan itu cuma beberapa orang aja, jadi dipilihlah orang-orang itu yang bisa maen gamelan pelog jadi anggotanya. Salah satunya gue. Gue lagi, gue lagi. Hahahaha....
Disinilah kita mulai latihan. ganti-gantian. ada yang megang saron, ada yang megang bonang, dan bla bla bla )gue lupa nama-namanya). Suatu hari grup degung kita ditawarin buat manggung di acara-acara kawinan. Termasuk di kawinan sepupu gue yang nikah sama anaknya Bu Epon ini. Waaah... di sinilah gue dimanja banget. gue dikasih makanan, disuruh foto-foto dulu special buat gue dan tentunya buat grup degung juga. Mau minta apa aja juga selalu dikasih, Hahahhaa... (perasaan tiap manggung di acara kawinan dimana aja dan siapa aja juga sama aja deh). Selain itu juga, gue manggung juga ditempat laen. Pasti bingung kan kok bisa dapet panggilan terus? Nah, selidik punya selidik, ternyata grup degung ini yang punya itu Bu Epon sama Pak Yaya. Awalnya mungkin mereka punya grup sendiri, cuma bikin grup lagi khusus untuk anak-anak sekolah. Tapi sampe sekarang gue gak tahu kenapa tawaran manggungnya itu selalu dikasih ke kita-kita. Dan kalian tahu honor dari manggung itu berapa? Gak dapet apa-apa. Serius. Gak percaya? Ya sudah kalo gak percaya mah. Tapi emang dasar anak-anak centil dan suka narsis, diajak manggung meski tanpa bayaran juga mau aja. Dan karena waktu itu juga kita masih belum ngerti soal duit. jadi apapun ya mau-mau aja. Gak kaya bocah sekarang. Umur 5 taun aja udah ngerti soal duit. Udah gitu gak pernah ngerti kalo lagi gak punya duit. Mesti ditunjukkin mulu tuh isi dompet. Ckckckck.... Kalo kata orang sunda mah celedog jeung goreng adat.

Dari semua bidang itu udah gue ikutin dan kuasain.Tapi kenapa sama Tari Sekar Putri gue gak bisa-bisa yak? gue belajar tari sekar putri ini dari kelas 1 SMP sampe kelas 3 SMP. Tapi tetep aja ini badan kaku. Pernah suatu saat lagi ada seleksi buat tampil diacara kenaikan kelas. Siapa yang tariannya bagus dan luwes bakal tampil diacara itu. Seleksi pun dimulai. Seleksi dilakukan langsung sama BU eponnya sendiri karena dia yang ngajari tari itu. Giliran gue yang seleksi, badan gue kaku. Gue disuruh agar lebih luwes lagi. Tapi tetep aja gak bisa. Kata gue, apa yang salah sama gue? Gue berpikir sampe pada akhirnya gue sadar bahwa  gue gak bakat sama sekali sama tari-tarian. Badan gue kaku kaya robot kalo disuruh nari.

Nah, dari tulisan ini gue berharap ada orang yang sudi mengajarkan gue nari dengan sabar. Tapi apa gue bakalan bisa yak?

Kalo gak bisa-bisa juga, ya jangan ngajak gue buat nari ya? Soalnya gue takut justru malu-maluin yang ngajak gue nari karena kekakuan badan gue. Hehehehe....

Akhir kata, makasih banyak looh udah baca post gue. Kali ini gak seru ya? Bodo ah. Moodnya lagi setengah-setengah soalnya. Hehehehe...

2 comments: