Please Welcome.

Hello...
Welcome to my blog!!
Blog ini berupa isi curahan hati sang penulis, dan informasi-informasi yang mungkin dapat anda ambil sebagai referensi anda. tulisan ini dikemas secara sederhana dan ringan untuk anda baca.
so...
Let's read it.

Saturday, February 18, 2012

Sang Proklamator Bangsa Indonesia, Bung Karno.

Ir. Soekarno Sang Proklamator
Kemerdekaan Indonesia
Siapa yang tidak kenal dengan tokoh disamping ini? Seorang tokoh revolusioner kebanggaan rakyat Indonesia yang jasanya akan selalu dikenang di dalam hati seluruh bangsa Indonesia. Sosoknya yang tangguh, cakap, dan berwibawa ini banyak dicintai oleh kerabat dekatnya dan tentunya oleh kita sebagai bangsa Indonesia. Yupp.... namanya Ir. Soekarno atau nama lahirnya adalah Koesno Sosrodiharjo. Beliau lahir di Surabaya pada tanggal 6 Juni 1901 (selisih dua hari dengan kelahiran saya, hehe...) dan meninggal di Jakarta pada tanggal 21 Juni 1970 pada usia 69 tahun[i]. Beliau adalah anak kedua setelah kakak perempuannya yang bernama Sukarmini dari pasangan Ida Ayu Nyoman Rai dan Raden Soekemi Sosrodiharjo. 

Pria yang kerap disapa Bung Karno ini telah membawa bangsa Indonesia ke kemerdekaan. Beliau juga adalah pencetus adanya Pancasila yang sekarang dijadikan dasar negara dan identitas bangsa Indonesia. Beliau juga adalah seorang proklamator kemerdekaan Indonesia bersama-sama dengan Moehammad Hatta. Ada profesi lain yang baru saya ketahui. Berdasarkan latar belakang pendidikannya, Bung Karno adalah seorang arsitek lulusan Technische Hoge Schoole atau sekarang dikenal dengan ITB (Institut Teknologi Bandung) jurusan teknik sipil. Banyak bangunan-bangunan peninggalan Bung Karno yang dibantu oleh beberapa arsitek seperti Feredrich Silaban dan R.M. Soedarmono yang dibantu oleh arsitek junior, diantaranya :
  1. Mesjid Istiqlal
  2. Monumen Nasional
  3. Gedung Conefo
  4. Gedung Sarinah
  5. Wisma Nusantara
  6. Hotel Indonesia
  7. Tugu Selamat Datang
  8. Monumen Pembebasan Irian Barat
  9. Patung Dirgantara
  10. Usulan membangun bangunan dua lantai dan membuat dua jalur ketika melakukan sa'i. Kemudian pemerintah Arab Saudi melakukan renovasi di Masjidil Haram sesuai usulan Soekarno.
  11. Rancangan skema Tata Ruang Kota Palangkaraya yang diresmikan pada tahun 1957.
Kiprahnya di dunia politik berawal ketika pada masa pergerakan nasional. Masa dimana penjajahan oleh Kolonial Belanda berlangsung. Pada masa ini Bung Karno sering mengalami pengasingan oleh pemerintah Kolonia Belanda karena dianggap pemberontak melalui suatu organisasi yang ia ikuti. Pada masa penjajahan Jepang, pemerintah pendudukan Jepang memanfaatkan Bung Karno, Bung Hatta, dan Ki Hajar Dewantara dengan cara membuat suatu organisasi dalam pencapaian kemerdekaan. Indonesia. Namun ada pula yang melakukan gerakan bawah tanah Sutan Syahriri dan Amir Sjarifuddin karena menganggap Jepang merupakan fasis yang berbahaya. Mohammad Hatta dan Ki Bgoes Hadikeoseomo dipanggil oleh kaisari Hiroto ke Jepang dan dianugerahi Bintang Kekaisaran 1943. Dengan memanfaatkan kelengahan pemerintah pendudukan Jepang karena kevakuman akibat adanya peristiwa bom nuklir yang terjadi di Nagasaki dan Hiroshima, maka Bung Karno yang didesak oleh para pemuda untuk segera memproklamirkan diri. 

Meskipun Indonesia telah merdeka, permasalahan tidk selesai begitu saja. Bung Karno harus menghadapi beberapa permasalahan negara seperti gejolak politik dalam negeri dan berbagai provokator yang menyebabkan pembentukan kabinet tidak bertahan lama. Selain itu, beliau juga harus menghadapi peristiwa Agresi Militer Belanda 1 dan 2 yang disebabkan karena Belanda tidak mengakui kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu, Soekarno membentuk Pemerintah Darurat Republik Indonesia. Tidak lama dari itu, kemudian Soekarno dan beberapa pejabat tinggi ditangkap oleh Belanda. 

Untuk menyelesaikan sengketa antara Indonesia-Belanda, maka dibentuklah 2 bagian negara yaitu Republik Indonesia yang dipimpin oleh Mr. Assaat dan Repuplik Indonesia Serikat yang dipimpin oleh Soekarno dan Mohammad Hatta. Pada tahun 1950, atas keinginan masyarakat untuk kembali ke negara kesatuan, maka RIS dan RI menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Soekarno pada saat itu banyak memberikan gagasan di dunia internasional. Hingga pada akhirnya beliau beresta beberapa presiden yang berasal dari Asia dan Afrika membentuk suatu konferensi yang sekarang dikenal sebagai Konferensi Asia-Afrika. Konferensi ini dibentuk atas dasar keprihatinannya terhadap nasib bangsa Asia-Afrika, masih belum merdeka, belum mempunyai hak untuk menentukan nasibnya sendiri. 


Pemerintahan Soekarno mengalami keruntuhan pada tahun 1967 ketika pidato pertanggungjawabannya atas adanya Gerakan 30 September ditolak oleh MPRS. Penolakan ini dikarenakan adanya sikap Soekarno yang menolak atas Titura (Tiga Tuntutan Rakyat) yang satu isinya adalah pembubaran PKI sehingga melemahkan kekuatan politiknya. Dengan keluarnya Surat Keputusan Sebelas Maret (Supersemar) yang ditandatangani oleh Presiden Soekarno yang isinya untuk mengambil tindakan yang perlu kepada Soeharto guna menjaga keamanan  dan keselmatan presiden sendiri, maka PKI pun dibubarkan oleh Soeharto. Dan setelah ditolaknya pidato pertanggungjawabannya, maka Presiden Soekarno menandatangani Surat Penyerahan Kekuasaan di Istana Merdeka, dan Soeharto menjadi presiden kedua menggantikan Soekarno.


Pada tahun 1956 sebetulnya Kondisi Kesehatan Soekarno sudah melemah karena penyakit ginjal yang dideritanya. Hingga pada akhirnya dokter Kepresidenan menyatakan bahwa pada tanggal 21 Juni 1969, Bung Karno dinyatakan meninggal pada pukul 07.00 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat. Beliau dimakamkan di samping makam ibundanya di Blitar Jawa Timur. 


Apapun isu-isu yang tersiar akan baik dan buruknya tentang Bung Karno, akan tetapi beliaulah yang telah berjasa, mengorbankan harta dan nyawanya untuk memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini. Keberaniannya untuk melawan penjajah dan memperjuangkan kemerdekaan, bahkan memperjuangkan agar kemerdekaan Indonesia mendapat pengakuan dunia, sepatutnya kita “mengankat topi dan menundukkan badan kepadanya”. Berkat perjuangannyalah, akhirnya kita sebagai generasi muda dapat merasakan udara kebebasan dan kemerdekaan. Ada beberapa penggalan kalimat dari Bung Karno yang saya ambil dari http://www.seputarindonesia.com yaitu :

"Berikan aku 1000 anak muda, maka aku akan mampu memindahkan gunung. Berikan aku 10 anak muda yang cinta tanah air, maka aku akan mengguncang dunia."

Ungkapan tersebut memiliki makna sangat mendalam menurut saya. Bahwa, pemuda menurut Soekarno adalah energi penggerak bagi perubahan bangsa ke depan. Betul sekali memang. Maju, tumbuh, dan berkembangnya suatu negara ada ditangan pemuda. Jika bukan pemudanya yang mencintai tanah airnya, maka ambruklah negara ini. Mengapa? Karena pemuda adalah generasi penerus bangsa. Pemuda pulalah yang kelak akan memimpin dan mengelola negaranya. Serta ditangan pemudalah nasib negeri ini dipertaruhkan. Oleh karena itu, kita sebagai generasi muda wajib mencintai bangsa ini. Lalu apa yang harus kita lakukan sebagai bukti bakti dan cinta kasih kita terhadap negeri ini? Jawabannya adalah, tidak perlu kita melakukan sesuatu seperti berperang di medan perang karena pada jaman sekarang ini bukanlah era untuk peperangan. Akan tetapi cukup kita berbakti kepada negeri ini dengan cara membangun bangsa dan negeri ini, melaksanakan amanat Bung Karno dan melaksanakan tujuan negeri ini yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 yaitu memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia, serta menjaga identitas bangsa Indonesia yang tercermin dalam 5 dasar Pancasila. Negeri ini akan menjadi negeri yang kuat dan disegani dunia apabila memiliki pemuda yang kuat pula, yang cinta pada negerinya dan rela berbakti bagi tanah airnya.







*berdasarkan informasi dari link http://id.wikipedia.org/wiki/Soekarno

1 comment: